Sabtu, 27 Desember 2014

Zenius Changed me !

setelah sekian lama ga ngeblog, kali ini gue pengen post sesuatu tentang zenius, apa sih itu zenius? (kalo belum tau coba cek zenius.net),  gimana ceritanya gue ketemu sm zenius? apasih yang spesial dari zenius? dan sejauh mana zenius ngaruh ke kehidupan gue. *tsahhh*

Gimana ceritanya gue ketemu zenius?



sumber : www.zenius.net/blog

Oke ini sebenernya ga terlalu penting buat dibicarain :D tapi gue pengen sedikit cerita gimana awalnya gue bisa ketemu zenius,  kesan pertama gue pas tau cara ngajar zenius, deket dan akhirnya jadian  dan akhirnya zenius jadi sesuatu yang penting dalam kehidupan gue *bahasa loo*


Awalnya emang ga begitu aneh, dan mungkin sebagian besar zeniuser juga mengalami hal yang sama kaya yang gue alamin.

saat itu kira-kira bulan januari 2013 dan kebetulan ada TO SBMPTN gitu di Universitas Padjadjaran, gue yang penasaran sama  model soal SBMPTN yang katanya 3x lebih susah dari UN itu, coba searching di internet soal-soal SBMPTN biar ga kaget pas TO, dan ternyata makin lama, makin jauh, gue dihadapkan pada suatu yang belum gue temui sebelumnya. 'bimbel online' katanya gitu, dan jujur aja gue baru tau zenius doang pada saat itu. kesan pertama gue pas nonton videonya sabda adalah "wah ini om-om keren banget cara ngajarnya". dari situ gue jadi makin penasaran sama yg namanya zenius, akhirnya gue putusin buat beli voucher dan jadi premium member di zenius.net.

setelah itu ternyata yang kejadian malah melebihi ekspektasi gue, di zenius gue ga cuma dapet hal-hal yang berkaitan dengan belajar melulu, tapi banyak hal yang gue petik (cielah) dari video-video maupun blognya zenius yang bener-bener merubah cara pandang gue dalam melihat dunia di sekitar gue. nah gimana sih itu semua ceritanya? kalo dibahas di awal sini ga akan seru dong tentunya, gue bakal bahas lebih dalem lagi dibawah oke, so keep scrool! :D

oke bagian ini segitu aja sesuai janji gue 'sedikit' cerita.



Apa sih yang spesial dari zenius?

nah dibagian ini, gue pengen cerita se-spesial apakah sih zenius ini?

awalnya gue dibikin kagum sama pengajaran matematika dan fisika yang ada di zenius.
jujur aja gue disekolah bukan termasuk golongan orang-orang yang jago matematika apalagi fisika, bahkan gue ga bisa yang namanya suka sama pelajaran fisika. tiap ulangan, mau itu ulangan harian, UTS, ataupun UAS nilai fisika gue jarang banget dapet bagus, apalagi dapet nilai 'wah'.

tapi di zenius gue nemuin sesuatu yang belum pernah gue temuin sebelumnya, gimana cara kita memandang pelajaran fisika itu dengan bener. dari situ cara pandang gue terhadap pelajaran fisika totally berubah. yang awalnya gue cuma mandang pelajaran fisika ga jauh beda sama matematika, sekarang gue mandang fisika jadi sesuatu yang 'menawan' :p .
makin lama gue gali pelajaran- pelajaran fisika di zenius makin tertarik gue sama pelajaran satu ini, sampai akhirnya gue kategorikan fisika sebagai mata pelajaran yang paling gue sukai dan berhasil mengalahkan biologi.

gak cuma di pelajaran fisika aja sih, gue jadi suka juga sama matematika, kimia, dan biologi (yang emang dari jebot gue udah suka), dan lebih-lebih lagi dari itu, dari zenius gue merasakan nuansa yang berbeda dari 3 pelajaran itu (fisika, kimia, biologi). mereka ini punya keterkaitan yang erat banget dan kalo dipelajarin secara terintegrasi, efeknya sama diri kita tuh luar biasa banget (kedengerannya emang lebay tapi ini serius!), sampe-sampe gue pernah bilang dalem hati "oh ini ya yang namanya sains?". dari situ gue tau bahwa cara belajar dan memahami suatu ilmu itu adalah bukan dengan cara yang selama ini gue lakuin.
dan itulah yang menurut gue spesial dari zenius. zenius ngajarin kita gimana cara belajar yang bener dan dari zenius juga gue ngerti bahwa mata pelajaran sains itu berkaitan satu sama lain.

hal lain yang menurut gue spesial dari zenius itu adalah, gimana cara tutor-tutor di zenius menyampaikan ilmu secara konsep, (kedengerannya emang basi gue ngomong gini, apalagi yg udah pake zenius) tapi yang mesti gue tekankan disini adalah cara belajar sesuatu hal dari konsep itulah yang akhirnya merubah cara berpikir gue, merubah pandangan dalam diri gue, dan tentunya ngefek ke kehidupan yang gue jalani *tsahhh*
nah yang itu bakal gue bahas dibagian selanjutnya :D


Sejauh mana sih Zenius berpengaruh ke kehidupan?




                        sumber: Zulhamyusuf.blogspot.com



oke dari pertanyaan diatas ini kedengerannya emang terlalu berlebihan ya? tapi kalo ga percaya coba deh pake zenius supaya pertanyaan diatas gak lagi kedengeran lebay :D

sebenernya kalo ngomongin sejauh mana zenius berpengaruh ke kehidupan gue, dibagian atas juga udah sempet gue singgung dan kayanya sedikit cerita gue diatas itu udah lumayan menggambarkan gimana zenius merubah kehidupan gue, terutama dalam proses belajar.

nah tapi disini gue bakal cerita bukan mengenai proses belajarnya, tapi diliat dari gimana sikap gue berubah, cara pandang gue berubah tentang hal yang lebih luas dari pelajaran.

hal pertama yang gue rasain setelah sekian lama belajar di zenius dan mantengin blognya zenius adalah ngelepas 'kacamata kuda' yang selama ini gue pake. apaan tuh maksudnya?
gue ngerasa fine-fine aja sebelum ketemu zenius, tapi setelah ber-zenius gue ngerasa selama ini cara pandang gue terhadap dunia begitu sempit dan ga asik. tapi kemudian cara pandang gue berubah, banyak hal di dunia ini yang sebelumnya ga pernah kepikiran sama gue, dan ternyata hal-hal lain itulah yang kalo kita cari tau lebih jauh bisa membantu kita buat dapetin meaningful life kalo kata sabda bilang, singkatnya bisa bikin hidup kita lebih bahagia, lebih seneng dan ya susahlah kalo digambarin :D
intinya gue ngerasa tercerahkan banget dalam melihat segala sesuatu yang ada disekeliling gue :)

emang bisa ya dari belajar terus jadi seneng/bahagia? 

bisa banget, buktinya gue udah ngerasain, dan itu tuh emang bahagia yang beda.
dan gue berharap makin banyak generasi muda indonesia, yang bisa ngerasain gimana itu senengnya belajar, persis kaya yang sering tutor-tutor zenius bilang, belajar itu ga cukup buat dapet nilai bagus di sekolah, tapi yang paling penting itu senengnya dan ngerti bangetnya.



kedua, dari zenius gue balajar membuka diri untuk belajar hal-hal baru dan mencari pengetahuan seluas-luasnya.
ini awalnya adalah ketika gue baca blog zenius tentang rekomendasi buku-buku yang mesti banget dibaca ketika ada waktu luang. dari situ gue mulai coba baca buku yang direkomendasiin, dan hasilnya? ternyata sejalan banget sama yang gue rasain di zenius.
dari baca buku-buku itu gue ngerasain banyak 'ohhh moment' dan membantu ngejawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini belum gue dapet jawabannya. dan tentunya banyak banget pengetahuan lain yang gue dapet dari baca buku.

awalnya jujur aja gue takut buat baca salah satu buku yang direkomendasiin zenius karena berbau filsafat. sebelumnya gue sempet kemakan omongan banyak orang bahwa belajar filsafat itu bisa bikin kebingungan sendiri, jadi musyrik, bahkan bisa bikin lo stres dan gila.tapi setelah gue beranikan diri gue sendiri, gue ga dapet hal itu, malah banyak pelajaran dan pengetahuan penting yang bikin gue tercerahkan. meskipun baru sedikit buku-buku keren yang gue baca, tapi gue rasa gue bakal terusin kebiasaan baca buku keren yang ternyata asik.

dari hasil baca buku gue dapet pengetahuan tentang belajar dasar pemikiran matematika, alasan kenapa ada ketimpangan dalam beberapa aspek di dunia, cara menyelesaikan masalah atau eksperimen dengan dasar pemikiran matematika, belajar banyak hal tentang agama, dan lain-lain.
dari hasil baca buku itu ternyata ada ngaruhnya juga buat persiapan SBMPTN gue, karena gue bisa tau gimana cara mereka berpikir dalam menyelasaikan masalah dan coba gue terapkan saat ngerjain soal-soal :D

efek lebih lanjutnya gue ga cuma jadi seneng baca buku, tapi gue jadi seneng buat cari sesuatu yang bikin gue penasaran dari internet, ga cuma cari dari tulisan-tulisan dalam negeri tapi gue juga jadi ningkatin kualitas searching gue sampe ke tulisan-tulisan luar negeri, baca artikel pake bahasa inggris meskipun bahasa inggris gue ga begitu bagus (sambil buka google translate) :D
sampe pernah nyasar-nyasar ikutan forum diskusi orang-orang india yang pake bahasa inggris :D karena waktu itu gue ga dapet informasi yang memuaskan dari tulisan-tulisan dalam negeri tentang suatu hal yang lagi pengen gue tau. 



ketiga, gue jadi seneng diskusi atau adu pendapat mengenai suatu isu yang jadi polemik di masyarakat saat itu.
gue pernah pulang sekolah bareng-bareng temen diem di mesjid sekolah buat diskusi tentang pilpres, dan akhirnya emang jadi adu pendapat.
tapi dari situ gue belajar bahwa mengeluarkan pendapat itu hal yang jadi keharusan selama kita punya dasar yang kuat dan reliable.
padahal jujur aja gue awalnya bukan tipe orang yang suka mendebat pendapat orang lain, cenderung pemalu, lebih suka diem, dan menyanggah pendapat orang lain dalam hati :D

gue juga sempet nginep di rumah guru fisika gue yang kebetulan alumni ITB, dalam rangka persiapan UN waktu itu.
ini berawal ketika gue dapet nilai fisika 100 pas UAS (semester 2 kelas 12, setelah belajar di zenius) terus diajakin nginep buat belajar bareng sama guru gue itu, cuma empat orang yang diajakin, itu pun yang nilai UAS fisikanya dapet bagus (semuanya laki-laki) :D
malem-malem itu setelah ngebahas soal-soal UN tahun lalu, ngerembet-rembet ke ngobrolin fenomena fisika sampe ujung-ujungnya diskusi tentang fenomena fisika yang asik buat diobrolin.
pokoknya gue jadi suka diskusi tentang pelajaran atau hal-hal seru yang lagi hangat diperbincangkan deh :D
sampe adu pendapat sama Ayah gue juga sering, tentang suatu hal yang lagi diberitain di TV waktu itu, tapi jangan bayangin kalo adu pendapatnya itu panas kaya anggota DPR ya, haha.. pastinya adu pendapat yang mendidik dan seru. :)


keempat, gue ngerasa dari belajar di zenius dengerin petuah-petuahnya sabda, rasa cinta terhadap tanah air gue jadi meningkat, padahal sebelumnya gue orang yang kurang peduli sama negara, ngerasa berlebihan kalo ngomongin indonesia, tapi sekarang gue rasa hal itu emang penting dan ga ada salahnya kalo orang lain punya cita-cita besar buat indonesia, selama hal itu baik dan bertujuan untuk memajukan bangsa indonesia :D



***


Oke, kayanya segitu yang bisa gue paparkan di tulisan ini mengenai gimana zenius merubah kehidupan gue, gue yakin kalo pendidikan di indonesia ini macam zenius, bukan hal yang ga mungkin indonesia beberapa tahun kedepan bisa jadi negara yang maju :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar