Sabtu, 20 April 2013

Menggunakan Flash disk sebagai RAM komputer

Ada kalanya komputer yang kita pake 'ngelag' alias 'ndet-ndetan' kalo bahasa gahoolnyaaa. nah itu biasanya ada hubungannya sama spek komputer yang kita pake, Terutama kapasitas RAM yang minim alias terlalu kecil. terus Gimana ngatasinya? ya Anak-anak jaman sekarang pasti ga jauh ya beli RAM baruu, ganti sama yang lebih gede kapasitasnya. kalo buat stelan internetan sih 1GB cukup, tapi buat para gamers kapasitas segitu tuh pasti kurang ya kalo pengen enak sih 2GB atau lebih, dan biasanya buat yang suka nge-game apalagi game online kapasitas VGA juga harus yang gede, buat VGAnya paling yang 1GB juga cukup lah. tapi kalo buat internetan aja sih gausah yang gede-gede.

Nah yang jadi masalah berikutnya, kalo ga ada duit buat beli RAM baru gimana dong? ya paksain aja yg ada *ga ngasih solusi banget* woles mas bro. ada cara yang mungkin udah familiar juga sih. yaitu dengan cara manfaatin flash disk buat ngedukung kerja RAM komputer kita.

ane udah coba sih, tapi keliatannya ga ada perubahan yang signifikan, tapi buat buka aplikasi-aplikasi yang kecil bisa ngebantu banget kok. coba aja *Gimana Caranyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa?*

oke-oke gini nih caranya,
pertama-tama kita download dulu aplikasi eBoostr, maaf nih ane ga ngasih link yang pas buat download tu aplikasi, tapi bisa lah cari-cari di si mbah google, nah udah selesai di download. (hasil downloadnya bisa disimpen dimana aja, ga perlu di flashdisknya dulu)
langsung install dan selesai di install jangan kaget kalo ada perintah buat rebooting kompi kita. nah baiknya sih saat itu langsung colokin Flashdisk yang mau dipake, tapi inget kalo bisa Flashdisknya yang kapasitasnya gede, misalnya 4GB atau lebih. makin gede kapasitasnya makin membantu juga. udah di restart tuh PC aplikasi eboostr bakal langsung auto run kok, langsung ngebuka sendiri. nah udah gitu Pada jendela yg muncul pilih yes. Pilih perngkat yg mau dijadikan cache, dalam hal ini tentu saja Flashdisk (dalam keadaan terpasang pada komputer). 


Kemudian tentuin juga kapasitas cache yg diinginkan nah kapasitasnya ini harus disesuain sama kapasitas Flashdisknya, emang ga akan bisa sih kalo ngelebihin kapasitas FD itu sendiri, pasti bakal mentok dan gabisa digedein lagi. 
Tunggu sebentar sampe muncul jendela "Do you want to build the cache file on the device now?" pilih yes, lalu tunggu sampai proses selesai  Kalo proses diatas selesai maka didalam Flashdisknya bakal ada file dengan ukuran/size yang sangat besar (sesuai dgn pengisian jumlah cache diawal), jadi jangan kaget kalo tiba-tiba kapasitas flashdisknya penuh padahal pas diliat kosong soalnya file ini tersembunyi/hidden. 
Flashdisk yg dipakai ini, tetap bisa dipakai untuk nyimpan file lain asalkan punya ruang yg cukup. dan catatan kalo aplikasi yang ane download kan aplikasi gratis tuh? jadi ada batas pemakaiannya kurang lebih 2jam, dan kalo pengen lebih dari itu ya harus beli, dan aplikasinya pun bakal lebih mantep lagi kalo itu hasil beli. 
oke sekian dulu postan dari ane, semoga bermanfaat, dan lain kali insya Allah ane bakal ngepost lagi yang lain, baik itu dibidang 'kokomputeran' ataupun yang lain. Wassalam :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar