Selasa, 23 April 2013

Harga RAM DDR 1 dan Perbedaan DDR 1, DDR 2, dan DDR 3

Kali ini saya akan memposting yang ada hubungannya sama komputer lagi nih, walaupun bukan ahlinya, tapi ga salah kan kalo berbagi informasi :D oke sip cekidott...

ada kalanya komputer kita ngelag, lelet dan sebagainya, dan salah satu masalahnya adalah spesifikasi yang minim, dan biasanya kalo masalahnya ngelag, lelet. misalnya : saat komputer kita dipake internetan atau dipake main game tertentu suka 'ngelag', mau nge-close atau ngerefresh aja lamanya kebangetan. nah itu biasanya kapasitas RAMnya kecil, seperti yang sudah saya jelaskan di postingan saya sebelumnya, tanpa mengganti RAM atau menambah RAM baru, kita bisa meningkatkan kecepatan komputer kita dengan aplikasi bernama eBoostr. klik DISINI untuk membuka.

Nah kalo pake aplikasi eBoostr emang ga akan seberapa nambah kecepatannya, jalan lain adalah nambah RAM yang sudah Ada atau menggantinya.

catatan yang perlu diperhatikan ketika kita akan membeli RAM baru adalah DDR berapakah RAM yang pas sama slot mobo kita. untuk sebagian orang yang udah ngerti dan sering bongkar komputer mungkin udah ga asing dan bisa bedain. tapi buat yang belum tau kali ini saya akan berbagi informasi mengenai itu.


DDR 1 adalah RAM komputer keluaran dulu, dan kalo anda punya komputer peninggalan jaman dulu *bahasanya kaya apa aja* nah biasanya kalo belum diganti-ganti, slot RAM yang ada di mobonya adalah slot RAM DDR 1. karena RAM DDR 1 ini adalah RAM keluaran jaman dulu, jadi RAM ini udah ga di produksi lagi, jadi kalo anda mau cari RAM semacam ini yang Gress alias baru pasti susah dan pasti harganya tinggi. ketika saya tanya-tanya di 5 toko berbeda, dan saya tanya RAM DDR 1 di 5 toko tersebut tidak menyediakan RAM tersebut, memang sudah jarang kalo kita tanya ke toko komputer kecil, kalo anda ingin mencari RAM seperti ini anda harus mencari ke pusat komputer, mungkin anda bisa nemu, itupun kemungkinan besar anda nemu yang second alias bekas.

untuk Harganya, seperti yang sudah saya jelaskan, karena RAM ini udah ga diproduksi lagi, dan jarang, ga akan aneh kalo DDR1 itu harganya agak mahal, saat saya tanya di 2 toko berbeda, untuk ukuran 1GB itu harganya Rp.125.000 dan di toko satunya lagi Rp.90.000 itu pun yang bekas. yang barunya di toko itu udah ga menyediakan. dari 2 toko itu aja beda harganya lumayan, mungkin yang membedakan adalah merknya atau juga RAM yang harganya lebih rendah itu udah lumayan berumur.
nah itu untuk harga DDR1. kalo anda belum tau DDR1, DDR 2, dan DDR 3 itu apa yang membedakannya? yaitu adalah letak lubang untuk dimasukan ke slot di Mobonya.

perbedaanya bisa anda lihat pada gambar berikut. 




 Bisa anda lihat pada gambar diatas perbedaan dari ketiga jenis RAMnya. yang pernah saya dengar sih DDR 2 itu ada juga yang lubang untuk slotnya itu ada 2, tapi saya pun belum pernah melihatnya secara langsung. 

Dan untuk Harga DDR 2, dan DDR 3 pastinya akan lebih murah jika dibandingkan dengan DDR 1, karena itu adalah RAM keluaran terbaru yang sedang banyak diproduksi, terutama DDR 3 harganya pasti jauh lebih murah jika dibandingkan dengan DDR 1. 

Mungkin cukup segitu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat, terutama bagi yang ingin mengganti RAM komputernya karena masalahnya yang sudah disebutkan diatas. lain kali saya akan memposting hal lain yang bermanfaat juga, jgn lupa kunjungi blog saya lain kali ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar