Selasa, 23 April 2013

Harga RAM DDR 1 dan Perbedaan DDR 1, DDR 2, dan DDR 3

Kali ini saya akan memposting yang ada hubungannya sama komputer lagi nih, walaupun bukan ahlinya, tapi ga salah kan kalo berbagi informasi :D oke sip cekidott...

ada kalanya komputer kita ngelag, lelet dan sebagainya, dan salah satu masalahnya adalah spesifikasi yang minim, dan biasanya kalo masalahnya ngelag, lelet. misalnya : saat komputer kita dipake internetan atau dipake main game tertentu suka 'ngelag', mau nge-close atau ngerefresh aja lamanya kebangetan. nah itu biasanya kapasitas RAMnya kecil, seperti yang sudah saya jelaskan di postingan saya sebelumnya, tanpa mengganti RAM atau menambah RAM baru, kita bisa meningkatkan kecepatan komputer kita dengan aplikasi bernama eBoostr. klik DISINI untuk membuka.

Nah kalo pake aplikasi eBoostr emang ga akan seberapa nambah kecepatannya, jalan lain adalah nambah RAM yang sudah Ada atau menggantinya.

catatan yang perlu diperhatikan ketika kita akan membeli RAM baru adalah DDR berapakah RAM yang pas sama slot mobo kita. untuk sebagian orang yang udah ngerti dan sering bongkar komputer mungkin udah ga asing dan bisa bedain. tapi buat yang belum tau kali ini saya akan berbagi informasi mengenai itu.


DDR 1 adalah RAM komputer keluaran dulu, dan kalo anda punya komputer peninggalan jaman dulu *bahasanya kaya apa aja* nah biasanya kalo belum diganti-ganti, slot RAM yang ada di mobonya adalah slot RAM DDR 1. karena RAM DDR 1 ini adalah RAM keluaran jaman dulu, jadi RAM ini udah ga di produksi lagi, jadi kalo anda mau cari RAM semacam ini yang Gress alias baru pasti susah dan pasti harganya tinggi. ketika saya tanya-tanya di 5 toko berbeda, dan saya tanya RAM DDR 1 di 5 toko tersebut tidak menyediakan RAM tersebut, memang sudah jarang kalo kita tanya ke toko komputer kecil, kalo anda ingin mencari RAM seperti ini anda harus mencari ke pusat komputer, mungkin anda bisa nemu, itupun kemungkinan besar anda nemu yang second alias bekas.

untuk Harganya, seperti yang sudah saya jelaskan, karena RAM ini udah ga diproduksi lagi, dan jarang, ga akan aneh kalo DDR1 itu harganya agak mahal, saat saya tanya di 2 toko berbeda, untuk ukuran 1GB itu harganya Rp.125.000 dan di toko satunya lagi Rp.90.000 itu pun yang bekas. yang barunya di toko itu udah ga menyediakan. dari 2 toko itu aja beda harganya lumayan, mungkin yang membedakan adalah merknya atau juga RAM yang harganya lebih rendah itu udah lumayan berumur.
nah itu untuk harga DDR1. kalo anda belum tau DDR1, DDR 2, dan DDR 3 itu apa yang membedakannya? yaitu adalah letak lubang untuk dimasukan ke slot di Mobonya.

perbedaanya bisa anda lihat pada gambar berikut. 




 Bisa anda lihat pada gambar diatas perbedaan dari ketiga jenis RAMnya. yang pernah saya dengar sih DDR 2 itu ada juga yang lubang untuk slotnya itu ada 2, tapi saya pun belum pernah melihatnya secara langsung. 

Dan untuk Harga DDR 2, dan DDR 3 pastinya akan lebih murah jika dibandingkan dengan DDR 1, karena itu adalah RAM keluaran terbaru yang sedang banyak diproduksi, terutama DDR 3 harganya pasti jauh lebih murah jika dibandingkan dengan DDR 1. 

Mungkin cukup segitu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat, terutama bagi yang ingin mengganti RAM komputernya karena masalahnya yang sudah disebutkan diatas. lain kali saya akan memposting hal lain yang bermanfaat juga, jgn lupa kunjungi blog saya lain kali ;)

Sabtu, 20 April 2013

Menggunakan Flash disk sebagai RAM komputer

Ada kalanya komputer yang kita pake 'ngelag' alias 'ndet-ndetan' kalo bahasa gahoolnyaaa. nah itu biasanya ada hubungannya sama spek komputer yang kita pake, Terutama kapasitas RAM yang minim alias terlalu kecil. terus Gimana ngatasinya? ya Anak-anak jaman sekarang pasti ga jauh ya beli RAM baruu, ganti sama yang lebih gede kapasitasnya. kalo buat stelan internetan sih 1GB cukup, tapi buat para gamers kapasitas segitu tuh pasti kurang ya kalo pengen enak sih 2GB atau lebih, dan biasanya buat yang suka nge-game apalagi game online kapasitas VGA juga harus yang gede, buat VGAnya paling yang 1GB juga cukup lah. tapi kalo buat internetan aja sih gausah yang gede-gede.

Nah yang jadi masalah berikutnya, kalo ga ada duit buat beli RAM baru gimana dong? ya paksain aja yg ada *ga ngasih solusi banget* woles mas bro. ada cara yang mungkin udah familiar juga sih. yaitu dengan cara manfaatin flash disk buat ngedukung kerja RAM komputer kita.

ane udah coba sih, tapi keliatannya ga ada perubahan yang signifikan, tapi buat buka aplikasi-aplikasi yang kecil bisa ngebantu banget kok. coba aja *Gimana Caranyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa?*

oke-oke gini nih caranya,
pertama-tama kita download dulu aplikasi eBoostr, maaf nih ane ga ngasih link yang pas buat download tu aplikasi, tapi bisa lah cari-cari di si mbah google, nah udah selesai di download. (hasil downloadnya bisa disimpen dimana aja, ga perlu di flashdisknya dulu)
langsung install dan selesai di install jangan kaget kalo ada perintah buat rebooting kompi kita. nah baiknya sih saat itu langsung colokin Flashdisk yang mau dipake, tapi inget kalo bisa Flashdisknya yang kapasitasnya gede, misalnya 4GB atau lebih. makin gede kapasitasnya makin membantu juga. udah di restart tuh PC aplikasi eboostr bakal langsung auto run kok, langsung ngebuka sendiri. nah udah gitu Pada jendela yg muncul pilih yes. Pilih perngkat yg mau dijadikan cache, dalam hal ini tentu saja Flashdisk (dalam keadaan terpasang pada komputer). 


Kemudian tentuin juga kapasitas cache yg diinginkan nah kapasitasnya ini harus disesuain sama kapasitas Flashdisknya, emang ga akan bisa sih kalo ngelebihin kapasitas FD itu sendiri, pasti bakal mentok dan gabisa digedein lagi. 
Tunggu sebentar sampe muncul jendela "Do you want to build the cache file on the device now?" pilih yes, lalu tunggu sampai proses selesai  Kalo proses diatas selesai maka didalam Flashdisknya bakal ada file dengan ukuran/size yang sangat besar (sesuai dgn pengisian jumlah cache diawal), jadi jangan kaget kalo tiba-tiba kapasitas flashdisknya penuh padahal pas diliat kosong soalnya file ini tersembunyi/hidden. 
Flashdisk yg dipakai ini, tetap bisa dipakai untuk nyimpan file lain asalkan punya ruang yg cukup. dan catatan kalo aplikasi yang ane download kan aplikasi gratis tuh? jadi ada batas pemakaiannya kurang lebih 2jam, dan kalo pengen lebih dari itu ya harus beli, dan aplikasinya pun bakal lebih mantep lagi kalo itu hasil beli. 
oke sekian dulu postan dari ane, semoga bermanfaat, dan lain kali insya Allah ane bakal ngepost lagi yang lain, baik itu dibidang 'kokomputeran' ataupun yang lain. Wassalam :)







Tak Kenal Maka Tak Sayang

 "Tak kenal maka tak sayang" begitulah pepatah mengatakan bukan?? karena alasan itu saya,, eh bentar kalo pake saya rasanya formal banget yah?? yaudah gapapa dah dari pada 'aku' kedengerannya gaenak juga, 'ekye' nanti disangka bencis lagi. yaudah ane aja deh, walaupun kedengerannya agak arabic gimana gituu :D *lama lu bang mau kenalan juga* iya iya sabar napa (gila ngomong sama diri sendiri) oke tanpa basa basi lagi takut keburu basi, nama ane --Duma Doniagara Sambora-- umur ane 16 tahun (2013) dan Rumah ane,, gausah ah takut banyak yang nyari *kepedean* rumah ane cari tau sendiri aja ya, yang udah tau sih ya syukur :D 
     Karena ini blog pertama ane *wajar katro* jadi perlu dong sedikit dikasih bumbu *lu kira masakan* dengan cara memperkenalkan diri, oke cukup sekian postan saya kali ini, semoga bermanfaat *bermanfaat apanya* lain kali ngepostnya yang lebih manfaat deh jamin, *ngga deng ga jamin gimana ada ide aja okeh??*   ~Wassalam